Bentuk koneksi dan Komunikasi setiap Layer Jaringan Komputer

12/23/2017

Baca Juga



Hai sahabat Blogger kali ini saya akan membuat artikel mengenai Bentuk koneksi dan Komunikasi setiap Layer Jaringan Komputer. pembahasan kali ini akan saya jelaskan dengan menggunakan cakupan lima layer pada pemodelan layer TCP/IP versi forouzan.

1. Over A Link
Over A Link merupakan bentuk koneksi dan komunikasi di dalam jaringan komputer yang melibatkan langsung perangkat keras komputer dan perangkat keras penghubung jaringan komputer, yang dihubungkan melalui Link. Link merupakan media koneksi untuk Host di dalam jaringan komputer, di mana Jost meliputi komputer dan perangkat terhubung lainnya. Di dalamnya terjadi proses pengubahan sinyal analog dan data analog menjadi sinyal digital dan data digital maupun sebaliknya. Proses komunikasi dan konekasi juga melibatkan unit paket data terkecil di dalam jaringan komputer, yaitu bit. Over A Link  terjadi pada Physical Layer dan Data Link Layer.


2. Host to Host

Host to Host merupakan bentuk komunikasi dan koneksi di dalam jaringan komputer yang terjadi antar-Host, yaitu komputer dan perangkat terhubung lainnya. Di dalamnya terjadi pengenalan antar Host melalui alamat jaringan komputer berbasiskan Internet Protocol (IP). Sehingga anatar komputer yang saling terhubung (terkoneksi) dan saling berkomunikasi tersebut dapat saling mengenali satu sama lain melalui alamat jaringan yang diperolehnya tersebut. Misalkan saja komputer A sebagai komputer pengirim (dengan alamat 192.168.1.2) yang akan mengirimkan paket data ke komputer tujuan (dengan alamat 192.168.1.3). kedua Komputer ini dapat saling mengenali melalui alamat jaringan (IP Address) yang diperolehnya, baik secara otomatis (DHCP) maupun melalui pengesetan secara manual

3. Process to Process
Process to Process merupakan bentuk komunikasi dan koneksi pada jaringan komputer yang melibatkan bukan saja konputer dan perangkat terhubung, tapi juga proses-proses di dalamnya. Komunikasi dan koneksi Process to Process ini disediakan oleh Host to Host (di jelaskan di bagian atas). Proses-Proses yang terjadi di dalamnya meliputi pembuatan koneksi (create connection), pemecahan paket data menjadi unit paket data, pembungkusan unti paket data, pembungkusan ubit paket data yang terkirim (beserta kesalahan yang terjadi di dalamnya) dengan adanya checksum dan Akcnowledgement (ACK), serta penutupan koneksi i(Connection Closed). Baik komputer pengirim maupun komputer penerima, sama-sama memiliki semua proses ini di dalam komunikasi dan koneksi Process to Process.

Semua proses ini melibatkan sejumblah protokol di dalamnya, terutama protokol UDP (Unit Datagram Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol). Kedua protokol ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, terutama untuk Connectionless,Connection Oriented,Reliable,dan Unreliable. Process to Process terjadi pada Transport Layer saja.

4. Client Server/Peer to Peer (P2P) 
client Server/Peer to Peer (P2P) merupakan pasangan pradigma di dalam jaringan komputer, di maba kedua paradigma ini memiliki konsep yang berbeda.Client Servers merupakan paradigma di dalam jaringan komputer untuk koneksi dan komunikasi yang melibatkan minimal sebuah komputer yang bertindak sebagai pelayan (server) untuk melayani permintaan (request) dari minimal satu buah komputer client. Client sepenuhnya bergantung kepada server. Bentuk koneksi dan komunikasi Client Server ini sudah terbilang tua dan ada sejak jaringan komputer diciptakan Nmun hingga saat ini Client Server tetap digunakan pada hampir semua bentuk koneksi dan komunikasi pada jaringan komputer di seluruh dunia.

Sedangkan pada paradigma Peer to Peer (P2P), koneksi dan komunikasi pada jaringan komputer dilakukan secara swadaya antar komputer (yang kemudian disebut dengan Node), di mana semua komputer bertindak sebagai server sekaligus client.

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. jagan lupas share dan koment "terimakasih"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
catatan:
- silahkan tinggalkan pesan yang relevan
- komentar yang baik dan mengenai seputar Blog
- dilarang meninggalkan link aktif
Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin) ConversionConversion EmoticonEmoticon