4 jenis Jaringan Komputer yang harus anda ketahui

12/19/2017

Baca Juga

Hai sahabat Blogger saya akan menulis artikel mengenai 4 jenis Jaringan Komputer yang kita ketahui. ke empat tersebut meliputi LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Area Network), dan Internet pembahasan keempatny akan  disajikan sebagai berikut:

LAN (Local Area Network)
LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer terkecil untuk pemakaian pribadi. LAN (Local Area Network) memiliki skala jangkauan mancakupi 1 KM hingga 10 KM, dalam bentuk koneksi wired (kabel wireless) nirkabel, maupun kombinasi keduanya. Umunya LAN (Local Area Network) lebih banyak diimplementasikan di dalam sebuah ruangan maupun sebuah gedung. Sebagai contoh:
1.  Jaringan lokal di perpustakaan untuk penyediaan repository ebook  dan layanan sistem informasi perpustakaan.
2.  Jaringan lokal pada laboratorium untuk sarana riset, penelitian, maupun bertukar data dan informasi.
3.  Jaringan lokal pada kantor swasta, instansi pemerintahan kampus/perguruan tinggi, dan sekolah, untuk penggunaan bersama printer, sistem informasi, pertukaran data, dan lain-lain.

Jaringan LAN umum juga disebut sebagai intranet. LAN beda dengan internet. sesuai namanya, jaringan ini bersifat privat, yaitu hanya diperuntukkan bagi pengguna di dalam internal organisasi/perusahaan/instansi/ruangan bersangkutan saja.


 MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan area dan luas yang lebih besar dibandingkan LAN (Local Area Network). MAN (Metropolitan Area Network) memiliki jarak jangkauan antara 10 KM hingga 50 KM. Wilayah jangkauan MAN (Metropolitan Area Network) dapat mencakup sebuah wilayah kota, yang didalamnya terdapat banyak gedung dan pemukiman. Ini berarti di dalam sebuah MAN (Metropolitan Area Network) telah terintegrasi banyak LAN yang berasal dari berbagai gedung dan pemukiman yang ada.

Beberapa kota, terutama yang menerapkan Smart City, mulai banyak yang mengimplementasikan MAN (Metropolitan Area Network). Misalnya saja di Surabaya,Debpasar,Jakarta, Bandung, serta sejumblah kota besar di Eropa, Amerika, Asia, dan Australia. 

Gambar contoh MAN (Metropolitan Area Network)

WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan komputer yang lebih luas dari MAN (Metropolitan Area Network), dengan cakupann area seluas sebuah negara atau benua. WAN (Wide Area Network) terdiri atas dua atau  lebih MAN (Metropolitan Area Network) di dalamnya. sehingga dapat dikatakan bahwan WAN (Wide Area Network) ini merupakan gabungan dari sejumblah jaringan komputer yang berada dalam satu kawasan seluas sebuah negara ataupun benua. Misalkan saja WAN (Wide Area Network) di negara Indonesia maupun WAN (Wide Area Network) pada sejumblah kota vesar di Australia, Eropa, Amerika Serikat, yang saling terhubung satu sama lain.

Bentuk komunikasi antar komputer di dalam WAN (Wide Area Network) memerlukan adanya perangkat penghubung. salah satunya berupa Router. Fungsi dari Router adalah membantu di dalam merutekan jalur yang akan di tempuh oleh paket data di dalam proses transmisi paket data dan komunikasi antar komputer di dalam WAN tersebut.
Gambar contoh WAN (Wide Area Network)

Internet
Internet atau Interconnection Networking (keterhubungan antar jaringan) merupakan jaringan komputer yang terluas, dengan cakupan seluruh planet bumi ini. Internet menghubungkan semua WAN (Wide Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), dan LAN (Local Area Network) di dalamnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa Internet terdiri atas semua komputer dan perangkat blainnya ke dalam satu jaringan komputer terbesar di dunia, yang menghubungakn setiap gedung, setiap tempat, setiap pengguna komputer, dari berbagai daerah, kota, negara, pulau, benua,di dalam kesatuan alam bumi ini.

Lalu apakah semua komputer di dalam jaringan internet akan memiliki akses publik (umum)? tentu tidak semuanya memiliki akses publik terdapat jalur khusus, misalkan dalam bentuk VPN (Virtual Private Network), yang memungkinkan pengguna jaringan komputer dari akses publik (internet) dapat memasuki jaringan lokal (internet). umunya internet memerlukan adanya perangkat satelit buatan yang dipasangkan di luar angkasa serta perangkat kabel penghubung di bagian bawah (misalkan di dasar lautan) dengan menggunakan bahan yang handal berupa kabel fiber optik.

Gambar contoh sebuah jaringan internet
https://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_400_400/AAIAAQDGAAAAAQAAAAAAAAyjAAAAJDNmYzU5MjcyLWQ1OTEtNDRhNS1hOWNhLTIzNjY5MjNiOTIxNg.jpg"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
catatan:
- silahkan tinggalkan pesan yang relevan
- komentar yang baik dan mengenai seputar Blog
- dilarang meninggalkan link aktif
Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin) ConversionConversion EmoticonEmoticon