Memahami Jaringan komputer Berkabel (Wireless Network)-tkjarch

12/18/2017

Baca Juga



Kali ini saya akan menyambung artikel yang sebelumnya Jaringan komputer berkabel (Wired Network) dan sekarang di artikel saya ini akan melanjutkan pada jaringan komputer berkabel (Wireless Network). silahkan baca penjelasan berikut semoga dapat di mengerti. 

Jaringan komputer tanpa kabel (wireless network merupakan jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel jaringan (UTP,Coaxial,maupun Fiber Optic), namun memanfaatkan sinyal elektromagnetis. Saat ini sangat banyak yang menggunakan jaringan wireless. Misalkan saja layanan internet dari operator (provider), Public Hotspot  dan Free Wifi sejumlah tempat-tempat publik,fitur Tethering pada Smartphone untuk berbagi koneksi internet secara cepat dan mudah, koneksi Bluetooth dan INfra Red untuk transaksi elektronik, pemanfaatan NFC (Near Field Communication), dan lain-lain.

Satu hal utama yang menjadi kelebihan jaringan Wireless adalah kemudahan dan praktis. Pengguna cukup mengaktifkan fitur Wireless pada perangkat komputer dan mobile, lalu menghubungkan diri ke koneksi wireless yang ada (misalkan Public Hot Spot). Namun tentu saja Wireless menyimpan sejumblah kekurangan. Kekurangan-kekurangan tersebut antara lain:

1. Ancaman interfrensi dengan gelombang lainnya (misalnya dengan sinyal radio dan sinyal lainnya) yang akan menganggu koneksi jaringan.
2. Kemungkinan untuk diserang oleh attacker secara remote.
3. Penghalang fisik berupa tembok bangunan, pepohonan, dan benda-benda lainnya yang menggangu sinyal yang digunakan pada jaringan wireless.

Saat ini, kedua jenis jaringan ini (Wired Network dan Wireless Network) banyak diimplementasikan secara bersama-sama, sehingga disebut dengan jaringan Hibrida (Hybird Network). Hal ini bertujuan untuk menggabungkan kelebihan masing-masing serta penyesuaian dengan kondisi dan keperluan. Sebagai contoh, di perguruan tinggi dan sekolah, disediakan sarana akses jaringan wireless (misal melalui Hotspot/Wifi) dan juga menggunakan kabel (wired) misal melalui akses di laboratorium/ruangan perpustakaan.

Sekian dari artikel saya ini. jika di rasa kurang jelas mohon di maafkan. walaupaun sedikit yang penting di mengerti (singkat, padat dan jelas) "terimakasih"

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
catatan:
- silahkan tinggalkan pesan yang relevan
- komentar yang baik dan mengenai seputar Blog
- dilarang meninggalkan link aktif
Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin) ConversionConversion EmoticonEmoticon