Prosedur reset mikrotik yang benar dan mudah

12/07/2017

Baca Juga



Hai sahabat blogger, berjumpa lagi di blog tkjarch, disini saya akan membuat artikel mengenai prosedur reset Mikrotik. sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya anda mengetahui apa prosedur reset Mikrotik. Prosedur reset Mikrotik adalah mengulangi dari awal atau menyetel ulang semua konfigurasi dari default (asalkan anda membackup data konfigurasi mikrotik tersebut).

disini yang saya gunakan adalah RouterBoard RB7 11U-2HnD yang memiliki sebuah tombol reset, tombol reset tersebut berada disekitar port ethernet dan merupakan tombol kecil yang tersembunyi. anda membutuhkan sebuah pengungkit kecil ataupun mata pulpen untuk menekan tombol tersebut. adapun prosedur melakukan reset dengan menggunakan tombol tersebut adalah sebegai berikut:

#1 Pastikan semua kabel UTP, dan kabel adaptor (power) tidak tercolok ke router Mikrotik dan pastikan Router Mikrotik dalam kondisi off.

#2 Setelah semua kabel UTP dan adaptor tidak terhubung, ambilah pengungkit kecil untuk menekan tombol power.

#3 Sambil menekan tombol reset tersebut. colokan kembali kabel power dari adaptor ke Mikrotik, sehingga mendapatkan ctuan listrik, ini dilakukan dengan tetap menekan tombol reset, jika tombol reset terlepas maka prosedur reset harus anda ulangi dari awal.

#4 Sambil menekan tombol reset tersebut, Anda akan melihat lampu (LED) ACT akan berkedip-kedip dan di ringi bunyi 1x, tetap pertahankan menekan tombol tersebut sampai LED ACT tersebut padam.

#5 Setelah LED ACT padam, Anda harus tetap menekan tombol reset tersebut sampai semua LED indikator dari port ethernet menyala sebentar dan akan bunyi yang ke2 kali dan padam. untuk menunggu semua LED indikator dari port ethernet menyala, Anda membutuhkan waktu kira-kira 20 editk.

#6 Setelah semua LED indikator pada port ethernet menyala kemudian padam, lepaskanlah kabel power Adaptor sehingga Router Mikrotik off/kembali.

#7 Sekarang Router Mikrotik Anda sudah dapat digunakan kembali dengan konfigurasi default.

Perthatian!!
Mikrotik hEX lite prosedur resetya akan mengeluarkan bunyi 2x

Sekian dari artikel yang saya buat ini, jika kemungkinan salah atau sebagaiya mohon dimaafkan dan sertakan komentar, dan jagan lupa share kepada teman-teman agar artikel ini dapat bermanfaat "terimakasih"




Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
catatan:
- silahkan tinggalkan pesan yang relevan
- komentar yang baik dan mengenai seputar Blog
- dilarang meninggalkan link aktif
Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin) ConversionConversion EmoticonEmoticon