Pengertian Perangkat Jaringan Mikrotik RouterOS™

12/09/2017

Baca Juga



Hai sahabat Blogger, kali ini saya akan membahas mengenai perangkat jaringan Mikrotik. jadi Mikrotik! apa sih itu mikrotik pasti dari kita sudah mendengar kata mikrotik dan sedikit juga yang belum tau apa itu mikrotik. di artikel saya ini akan memberitau pengertian Mikrotik??.
Mikrotik!  siapa sih orang IT yang tidak mengetahui benda ini? Paling tidak Anda sebagai orang IT pernah mendengarnya, kalaupun sampai saat ini belum pernah melihatnya. MikroTik dikenal luas sebagai router. Router itu sendiri adalah perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan (network).

Dalam jaringan yang lebih kompleks, Router digunakan untuk memulihkan jalan bagi paket data untuk mencapai komputer tujuan.

Router merupakan perangkat jaringan yang menurut paling cerdas, terkadang saya sampai geleng-geleng kepala saat sedang berhadapan dengan router. Router bisa memahamai betul bagaimana mengirimkan data dari satu jaringan ke jaringan lain. Jarang sebuah router salah menyampaikan paket kembali lagi ke Mikrotik. yang memiliki fitur yang sangat lengkap, mudah dikonfigurasi dan tentunya harganya yang murah. walaupun ada juga Router mikrotik yang mahal.

Perlu diketahui bahwa sejarah  MikroTik RouterOS. pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan Teknologi wireless LAN, yang berkecepatan 2Mbps di moldova. Prinsip dasar mikrotik bukan membuat Wireless ISP (WISP). tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. dan pada sampai sekarang ini MikroTik masih terus di kembangkan dan sudah mempunyai sebuah Wireless di dalamnya Misalnya jenis Mikrotik RB 941-2nd Hap Lite 

Deskripsi 

Router Wireless RB941-2nD (hAP-Lite) Home Access Point Lite. RB941-2nD memiliki semua kebutuhan router dan gateway untuk segala kondisi jaringan. Memiliki 4 buah port ethernet, 1 buah access point embedded 2,4 GHz, antenna embedded 2x1,5 dbi. Sudah termasuk power adaptor.

Router ini adalah salah satu varian Routerboard seri 900 yang memungkinkan digunakan di segala kondisi. Dengan fitur routerOS yang cukup banyak router ini bisa dipasang di Kantor dan di Rumah.Mikrotik menggunakan standart power yang baru di varian ini yaitu MicroUSB 5v, hal ini memungkinkan pemasangan Routerboard ini menggunakan charger handphone/smartphone atau bahkan menggunakan powerbank yang banyak beredar di pasaran.

MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless

Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai. lebih lengkapnya (https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik)


Demikiran artikel yang saya buat ini jika masih ada kekurangan dalam artikel saya mohon dimaafkan. dan jagan lupa share saja kepada sahabat yang lainnya dan jagan lupa comment. "terimakasih"


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Silahkan tinggalkan pesan jika Anda punya saran, kritik, atau pertanyaan seputar topik pembahasan.
catatan:
- silahkan tinggalkan pesan yang relevan
- komentar yang baik dan mengenai seputar Blog
- dilarang meninggalkan link aktif
Terima kasih untuk kerja samanya. (By Admin) ConversionConversion EmoticonEmoticon